Greetings

LET'S GET CRAZY WITH THIS BLOG



Minggu, 06 Juni 2010

SEDIKIT ANALISA MENGENAI GEOPOLITIK DI PAKISTAN

List mengenai kekuatan geopolitik Pakistan

Memiliki cadangan tembaga kelima terbesar dunia di Baluchistan.

Memilikia tambang batubara di Sindh sebagai tambang terbesar di dunia. Pakistan memiliki cadangan terbesar batubara setelah AS. 175 miliar ton batubara setara dengan 618 miliar barel minyak mentah.

Memiliki 25,1 seribu biliun kubik cadangan gas alam. Pakistan saat ini memiliki jumlah kendaraan yang menggunakan gas yang dikompresikan terbanyak di dunia.

● Memiliki program rudal balistik tahap lanjut disamping program nuklir.

● Memiliki program angkasa luar ‘Komisi Riset Angkasa dan Atmosfir (SUPARCO)’.

● Mengembangkan pesawat intai nir awak yang dikenal dengan nama ‘Uqaab’.

Memproduksi 21 juta ton gandum yang lebih banyak dibanding Afrika (20 juta ton) dan seluruh Amerika Latin (24 juta ton).

Produsen terbesar ‘Ghee’ (mentega), kedua terbesar produser kacang, daging kerbau, susu; produser terbesar ketiga sayur Okra, 4 terbesar produser buah aprikot, kapas, susu kambing, dan buah mangga; kelima terbesar produser susu, bawang, dan tebu; 6 terbesar produser kurma, dan 7 terbesar produser buah-buahan tropis.

Dengan potensi kekuatan seperti itu, Pakistan,dapat denganmudah mengembangkan kekuatan militernya sehingga saat ini Pakistan memiliki kekuatan militer yang tangguh, dan termasuk memiliki senjata nuklir. Konflik antara Pakistan – India, menyebabkan Islambad, terus melipatgandakan kekuatan militernya, termasuk membuat senjata nuklir. Satu-satunya negara Islam, yang memiliki arsenal nuklir adalah Pakistan. AS dan Israel berusaha menghentikan program nuklir Pakistan, tapi kalangan militer, tak ada yang menerima desakan AS dan Israel, dan Pakistan terus mengembangkan senjata nuklirnya.


Disisi lain, dari pandangan ekonomi, posisi strategis pakistan ini merupakan kunci penting bagi ekonomi di Asia selatan. Sejak dulu memang Pakistan terkenal dengan daerahnya yang berbukit sehingga menyulitkan ke utara dan barat laut. Namun saat ini setelah jalur Khyber dibuka, komunikasi ke daerah-daerah seperti afghanistan dan sebetulnya ada banyak jalur lain yang telah membuka akses pakistan bahkan ke Cina lebih dipermudah (melalui jalur Karakorum).

Garis pantai Pakistan di laut arab merupakan posisi utama jalur perdagangan laut dari timur jauh dan asia selatan dan juga antara timur tengah ke barat (eropa dan AS). Ini membuat baik pelabuhan dan bandara di Pakistan menjadi sibuk untuk berbagai macam kepentingan terutama ekonomi.

Secara politis, Posisi geostrategis pakistan seringkali dimanfaatkan oleh negara-negara besar seperti AS untuk membendung perkembangan Cina, mengontrol perkembangan Nuklir Iran, dan pertahanan Terhadap teroris di Afghanistan. Seringkali dalam hal pertahanan Pakistan menjadi “kawan” bagi AS dalam melawan teroris karena Pakistan selalu bermain di garis depan dalam melawan teroris.

Saat ini skenarionya berubah, posisi Strategis pakistan merupakan salah satu posisi kunci yang letaknya sangat dekat dengan Iran, Iraq dan Afghanistan. Dalam kasus ini, AS benar-benar mengoptimalisasinya dengan “hadir” di Pakistan demi kebijakan pre emptive AS dalam melkukan invasi ke Irak dan Afganistan dan juga mengawasi nuklir di Iran.

Dibalik semua kelebihan diatas, secara geopolitik sebenarnya Pakistan mengalami banyak isu kesejahteraan. Permasalahan mengenai tingkat sosial masyarakat,kedikatoran politik dan permasalahan hutang yang cukup signifikan. Dengan jumlah populasi yang bisa dibilang kecil di area yang cukup luas, Pakistan bisa dikatakan mengalami krisis pertumbuhan pemduduk. Kelemahan ini mebuat pakistan menjadi harus banyak bergantung dari negara lain untuk mengatasinya. Dan akhirnya, yang terpenting, Pakistan cukup pandai berdiplomasi dengan pihak lain terutama AS, hal ini seakan menutup kelemahan yang ada. Seperti contoh, Pakistan mendapat banyak bantuan dana dari AS atas upayanya dalam melawan teroris, termasuk gencarnya kecaman pakistan terhadap bom di Mumbai beberapa waktu yang lalu.



Referensi



www.usd.edu/~clehmann/pop_prob/pakistan/problems.htm

www.iris-france.org/docs/pdf/forum/2008_12_15_pakistan.pdf

www.cssforum.com.pk/css.../8432-geo-strategic-importance-pakistan.html

www.defence.pk/forums/strategic...issues/4376-geo-strategic-picture.html




1 komentar: